JOHNSONS BABY : BAGUS GA SIH?!

Sumpah ini random sih tapi pengen kalian keracunan juga, jujur aku pake ini belum lama sih kayak baru 1 tahun, dan gak pake rutin juga, sabun mandi aku sebenernya Lifebuoy bukan ini, tapi waktu itu iseng aja beli ini. Dan enak banget pakenya ...

Yuk lanjutt


Perkenalan Brand


Johnson's Baby sendiri merupakan brand kosmetik dan skin care bayi Amerika yang dimiliki oleh Johnson & Johnson. Produk pertama dari brand ini adalah Johnson's Baby Powder yang pasti kalian juga udah pada tau dan mungkin sebagian besar dari kalian udah pernah coba pake. Brand ini ngejual mulai dari bedak, shampo, lotion, massage oil, body wash, hingga shower gel. 

Nah kalian mungkin selama ini bingung dan cuma taunya 'produk bayi pasti lebih bagus deh' atau 'kalo aman dipake bayi pasti aman dipake orang dewasa' 

Tapi sebenernya bener gak sih lebih aman?


Ternyata Johnson's sendiri yang mengakui bahwa produknya memang aman untuk digunakan orang dewasa. Sejak 1913, brand ini memiliki tagline 'Best for the Baby - Best for You' yang artinya bisa buat orang dewasa juga. Selain itu, Johnson juga mulai mempromosikan produk-produknya kepada keluarga-keluarga dengan menyebut produknya aman untuk digunakan keluarga.


Strategi ini ternyata berhasil buat brand Johnson's jadi semakin terkenal, karena mungkin pasarnya jadi lebih luas, dibantu dengan adanya perspektif bahwa produk bayi lebih aman dan gentle dibanding produk orang dewasa. Ternyata perspektif ini sudah muncul sedari lama dengan bantuan marketing Johnson's. Sekitar tahun 1980an, 70% penggunaan Johnson's Baby Powder ternyata oleh orang dewasa. 


Okay, enough about the brand. Sekarang kita bahas produknya dan review aku sendiri. 


Pengalaman Menggunakan Johnson's Top to Toe Baby Wash 



Jadi aku kenal produk ini kurang lebih 1 tahun yang lalu karena iseng beli, ga rutin pake nya karena udah punya body wash sendiri. Pas akhir-akhir lagi karantina ini, baru kepake banget dan mau banget rekomendasiin ini ke kalian 

  1. Soap free 

Sabunnya gentle dan mild banget karena khusus buat bayi. Dimana pas dipake pun gak mengeluarkan busa, ini yang aku suka, karena kebanyakan soap-soap yang dijual di pasaran kalo yang berbusa atau foamy gitu bakal buat kulit aku makin kering ya guys. Kalo kulit aku sih gitu. Dan aku dengernya juga Sodium Laureth Sulfate itu bisa bikin kulit kering kalo digunakan regularly. Perasaannya bakal kayak tight gitu kulitnya kalo pake sabun yang foamy.

  1. Wangi banget

Bener-bener wangi banget, wanginya soft banget. Harus coba sumpah gak ada salahnya coba. Wanginya tahan 1-2 jam setelah mandi (wajar sih sesuai dengan harga juga). 


Kalo pake sabun yang wangi rasanya mood lebih naik dan bikin semangat buat mau mandi..... aneh sih tapi beneran. Jujur ini wanginya enak banget gak pernah bosen pake ini. 

 

Dan walau wangi, gak foamy! alias gak berbusa dimana penting banget buat ngejaga hidrasi kulit aku. 

  1. Murah meriah ceunah 

Murah banget harganya dibawah 50.000! Dengan harga semurah ini kalian bisa merawat kulit kalian agar gak kering ya guys! Jadi gak usah stock lotion mahal".. mulai dari body wash nya aja dulu

  1. Ph balanced

Kyaknya kita bakal bertanya-tanya, maksudnya Ph balanced itu apa dan kenapa penting sih? Jadi Ph sendiri adalah tingkat asam-basa. Dimulai dari 1 (paling asam) sampai 14 (paling basa). Nah, Ph di kulit kita itu berkisar antara 4,5 - 5,75 dimana artinya agak asam tapi tidak terlalu asam. Terus buat apa harus balance? Jadi kulit kita punya asam mantel. Mantel di kulit ini melindungi kulit kita dari polusi eksternal seperti debu, bakteri, dan hal-hal lain yang bisa mengganggu kulit kita sambil menjaga hidrasi kulit. Buat mantel kita agar tetap bekerja secara efektif, kita perlu keep Ph di kulit kita biar tetap balanced yaitu berkisar antara 4.5 - 5.75 tadi. Apa yang akan terjadi jika produk yg kita gunakan Ph nya gak balance? 

Jika terlalu asam, kulit bisa infeksi, jerawatan, dll.

Jika terlalu basa, kulit bisa mengalami kekeringan dan sensitif. 

Kadar Ph yang gak seimbang juga bisa memperlambat pergantian sel pada kulit yang akhirnya menyebabkan produksi sebum berlebih, komedo, pori-pori tersumbat, dan jerawat. 

  1. Berani claim hypoallergenic

Sebuah produk yang claim kalo dia hypoallergenic berarti bisa memastikan atau meyakinkan bahwa produknya menyebabkan sangat sedikit kemungkinan untuk munculnya alergi. Atau bahasa singkatnya, gak mungkin bisa muncul reaksi alergi kalo pake produk ini. Ini berarti Johnson's sudah memastikan ingredientsnya itu aman buat digunakan di kulit tanpa akan menimbulkan reaksi negatif, apalagi kan ini spesialisasi awalnya untuk produk bayi. 


Ingredients Johnson's Baby : Top to Toe Baby Wash

  1. Water
  2. PEG-80 Sorbitan Laurate

Berfungsi sebagai fragrance, sulfactant, dan emulsifier. Artinya mampu membersihkan permukaan kulit dari debu dan minyak. Banyak kontroversi akan produk ini sendiri karena bahan ini beberapa terbukti bisa menimbulkan alergi saat penggunaan, namun tingkat berbahaya nya bagi lingkungan itu lumayan kecil. Namun, bahan ini berasal dari Polyethylene Glycol, yang mungkin terkontaminasi dari zat karsinogen 1,4-dioxane, formaldehyde, ethylene oxide, acetaldehyde. Sebenernya gak banyak yang bisa aku temui tentang ingredients ini, kebanyakan berisi mengenai kontroversi tentang orang yang menganggap ingredients ini normal dan safe dan orang yang menganggap ingredients ini hazard / berbahaya. 


PEG-80 Sorbitan Laurate, and PEG-150 Distearate unless vacuum stripped, are contaminated with 1,4-dioxane, which has been identified as a probable human carcinogen by the U.S. Environmental Protection Agency (EPA). 


Doulafamily.com sendiri menilai Produk Johnson's Top to Toe Baby Wash sebagai produk 'moderate hazard' atau tingkat kebahayaan yang normal atau rata-rata. 


  1. Cocamidropopyl Betain

adalah sebuah surfactant sintesis yang berasa dari campuran Coconut Oil dan Dimethylamonipropylamine. Ingredient ini juga bekerja sebagai surfactant. Bahan ini juga potensi sebagai allergen dan sempat menjadi nominasi Allergen of The Year pada 2004. Oke, jadi banyak yang bilang kalo ingredients ini berbahaya dan great potential of allergen. Namun, berdasarkan healthline.com, Cocamidropopyl sendiri sebenarnya tidak berbahaya namun saat bila saat proses produksi ikut tercipta Aminoamide maka bahan ini yang membuat bisa munculnya alergi pada pemakaian. Beberapa kasus memang membuktikan bahwa ingredient ini menyebabkan alergi pada kulit, apalagi jika punya kulit sensitif. Beberapa kasus memang bisa sembuh sendiri alerginya namun bila masih belum sembuh berarti harus menjauhi produk dengan ingredient ini.

Cocamidopropyl bila digunakan yang bagus/ yang memang khusus untuk skin/ yang lebih berkelas maka proses produksinya juga baik dan tidak akan terkontaminasi bahan berbahaya penyebab alergi tersebut. 


Nah, contoh kasus yang pernah terjadi adalah pada tahun 2012, seorang melaporkan mengalami masalah pada bagian matanya seperti kemerahan, gatal-gatal dan juga mengalami sakit pada sekitar area matanya. Namun hal itu ternyata terjadi karena ia menggunakan produk dengan Cocamidopropyl Betaine (baby shampoo) pada mukanya.


Nah menurut aku sendiri sebenernya emang produk apapun baik itu alcohol free atau paraben free atau free apapun, kalo emang gak dikhususkan untuk daerah muka pasti bakal menimbulkan reaksi tertentu. Apalgi di daerah mata yang memiliki lapisan kulit yang lebih tipis lagi, makanya eye cream pun harganya mahal karena emg uda diformulasikan untuk digunakan pada lapisan kulit tipis tersebut. Lapisan kulit yang lebih tipis pasti lebih vulnarable dimana kalo kita pake produk yang gak bener pasti bisa menimbulkan reaksi tertentu. 


Sumber:


https://www.healthline.com/health/cocamidopropyl-betaine#side-effects

https://www.google.co.id/amp/s/naturespulchritude.wordpress.com/2014/03/06/how-to-read-cosmetic-ingredient-labels-v/amp/

https://thrivalnutrition.com/bubble-bath/

https://www.ewg.org/skindeep/ingredients/704685-peg-80_sorbitan_laurate/

https://www.google.co.id/amp/s/parenting.orami.co.id/magazine/amp/alasan-produk-skin-care-dengan-ph-balance-itu-penting/


Note : Semua berdasarkan pendapat dan perspektif aku mengenai produk ini juga dibantu oleh sumber-sumber terpercaya ya. Balik lagi ke preferensi kita semua dalam memilih produk untuk kulit kita sendiri, kita yang tau harus kayak gimana. As long as its fine, doesnt show any harm on your skin, i think that works well and your skin not allergic to it. 

Semuanya honest review yah aku memang suka produk ini! ❤️

Thankyou banget yang mau baca semuanya.. sangat berterimakasih..

Boleh share atau post di ig buat bantu orang-orang biar baca juga ❤️ 

Thanks❤️

Remember ya kalian bisa request apa aja ke dm @linaaaalie  hehe dont be shy.

Comments

Popular Posts