CONCEALER MAYBELLINE AMAN GAK BUAT KULIT?

Maybelline Fit Me : Concealer


Hai guys, tema kali ini beda.. bukan soal skincare tapi soal make up! Karena takutnya bosen kalo melulu bahas skincare.. lagian sebenernya aku juga penasaran apa sih yang ada dalam makeup itu? pasti dong ada ingredient yang gak terlalu bagus atau yang sebenernya harm buat kulit. Dan bagaimana sebuah makeup bisa deliver effectnya saat pengaplikasian dengan ingredient-ingredient tersebut. Apakah benar ingredient lebih bagus pasti produknya bakal lebih bagus?


Tapi tetap aku kasih review aku mengenai produk karena semua produk yang aku bahas itu yang aku pakai❤️ 


Kali ini kita akan bahas Maybelline Fit Me Concealer


Perkenalan Brand




Awal terbentuknya brand ini kayak dongeng banget. Jadi awalnya pada tahun 1913, Thomas William ini kan punya adek namanya Maybell William. Nah, Maybell lagi suka sama seorang pria yang sayangnya pria tersebut suka sama cewe lain. Maybell pun mikir buat meningkatkan look nya biar cowonya suka lagi ke dia. Dia pun akhirnya coba pake petroleum (minyak bumi) jelly di alis dan bulu matanya biar lebih lentik dan terlihat tebal. Nah si Thomas pun bantuin dia dengan memberi debu karbon agar warna alis dan bulu matanya bisa lebih gelap dan lebih on point.

Good ending, taktik itu berhasil dan Maybell menangin cowonya balik. 

Dari sini, Thomas mikir ini bisa buat produk yang bakal nguntungin dia. Akhirnya pada tahun 1915, dia bikin brand namanya Maybelline (Maybell nama adiknya, vaseLine nama petroleum jelly yg adiknya gunakan).

2 tahun kemudian, Thomas Williams keluarin Maybelline Cake Mascara sebagai kosmetik mata untuk penggunaan sehari-hari.




Ingredients Dalam Maybelline Fit Me : Concealer

  1. Aqua/Water
  2. Cyclopentasiloxane

Nama lain : Decamethylcyclopentasiloxane

Cyclopentasiloxane memiliki singkatan yaitu D5. D5 adalah sebuah silikon yang sekarang banyak digunakan dalam produk haircare dan skincare. Berbicara mengenai silikon, pasti kita mikir silikon gak bagus buat digunakan di kulit. Tapi sebenernya gimana sih?

Cairan tidak berwarna dan tidak berbau ini banyak digunakan sebagai emollient, pelumas, medical implant, hingga pelapis kaca depan. 

Dalam skincare atau penggunaan pada kulit, D5 gak absorb ke kulit melainkan mengevaporasi dari kulit. Fungsi ini yang bikin D5 banyak jadi ingredient dari produk-produk skin/makeup yang kering dengan cepat. Which is yang kita liat dari concealer biasanya, emang gak absorb ke kulit tapi lebih ke pengaplikasian di atas permukaan kulit. 

Sifat pelumas maksudnya apa? Jadi pelumas sendiri maksudnya dia memberikan efek silky and easily blend.. jadi produknya bisa diaplikasikan secara merata dan mudah apda kulit

Biasanya produk skincare dan makeup yang mengandung D5 itu waterproof karena fungsi-fungsinya dari sifat dari cairannya sendiri yang membuatnya menjadi water-resistant. 

D5 juga diketahui mampu menciptakan perlindungan pada permukaan kulit dan rambut

Dalam produk skin/hair/makeup sendiri, D5 bisa ditemukan dalam hair spray, sunscreen, deodorant, conditionder, shampoo, foundation, mascara, eyeliner, hingga eyeshadow,dll. Kalo dipake dalam hair products bisa bikin rambut jadi lebih mudah disisir dan jadi lebih shining and smooth (conditioner).


Berdasarkan penjelasan di atas, aku mau bikin list lebih gampang dengan bahasaku sendiri mengenai ingredient ini (fungsi, benefit, dll):

  1. Bikin produk jadi gampang di blend
  1. Bikin finish look jadi shining dan smooth kalo pemakaian dalam hair products
  1. Silikon satu ini sifatnya gak 'heavy' kayak silicone lain, jadi dia sendiri bikin produk jadi lightweight. Kalo ada perusahaan yang emang intentionnya mau bikin produk yang lightweight, kebanyakan bakal pake ini.  
  1. Harganya MURAH. Well i dont know exactly how much it costs but dari beberapa source bilang ini lebih murah. Kalo bahannya murah pasti produknya juga jadi lebih murah. Kalo yang dipake bahan ini, pasti perusahaan artinya in the end of production process, mereka memutuskan milih produk ini dibanding pilihan bahan-bahan lainnya dengan fungsi yang sama dan dengan segala pertimbangan mengenai keamanan dan environmental issues.
' For example, cyclopentasiloxane may be used as a cheap alternative to organic compounds like vegetable glycerin, and its concentrations in skin care items can be more easily varied because it is synthetically manufactured. '

Berikut di atas contohnya, Vegetable Glycerin punya fungsi dan sifat yang sama yang harusnya bisa untuk menggantikan D5 namun mungkin harganya lebih mahal karena organik, sementara D5 itu buatan pabrik, jadi lebih mudah divariasi untuk berbagai tujuan. 
  1. Kebanyakan pasti bingung maksudnya evaporates itu gimana. Jadi bahan ini ada di produk2 yang biasanya intentionnya cepet kering. Karena bahannya bakal menguap dan gak stay di kulit, melainkan berubah menjadi gas. Jadi dia bisa langsung kering di kulit.
  1. Mengunci hidrasi dalam kulit. Seperti yang aku bilang di atas, bahan ini bisa menciptakan perlindungan pada permukaan kulit dimana artinya menjaga biar hidrasi di kulit tetap stay dan gak luntur (?). Jadi intinya, D5 ini kayak jadi benteng di kulit gitu deh.


Safety (Keamanan)


Main concern dari penggunaan bahan ini adalah bisa muncul gangguan pada hormon dan organ tubuh. Namun concern ini dianggap tidak valid karena sifat D5 sendiri yang tidak absorb ke dalam kulit. Untuk bisa membuat gangguan pada bagian dalam tubuh, sebuah chemical harus absorb ke dalam kulit baru bisa bermasalah. Namun dengan D5 ini dia saat contact ke kulit udah langsung mengevaporasi dimana molekul dari zat yang bisa absorb ke kulit bahkan sangat sedikit. Sangat sedikit jumlhnya untuk bisa dianggap berbahaya pada organ. 

Concern lainnya adalah bahwa D5 itu punya side effects buat lingkungan. Beberapa kontroversi mengatakan D5 gak baik buat hewan perairan. Tapi pada tahun 2011, review di Canada mengatakan bahwa D5 ternyata tidak memiliki side effects buat lingkungan. 


3. Hydrogenated Polyisobutane


Jadi ini kayak oil buatan gitu, bisa buat gantiin mineral oil. Fungsi : emollient & moisturizer.  Sebenernya oil ini multifungsi banget sih makanya banyak bisa digunakan di beberapa produk. Selain itu, oil ini juga relatif murah. 


Beberapa pemakaian ingredient ini :


Dalam produk lipgloss, pake ingredient ini juga agar bisa enhance glow dari lip gloss tersebut. Itu kalo lipgloss yang gak natural yah. Kalo lipgloss natural biasanya menggunakan botanical oil. 

Dalam sunscreen, oil ini juga menjadi ingredient yang bisa sering kita temukan karena kemampuannya untuk mempertahankan kerja sunscreen agar ttp efektif walau sudah tereskpos dengan air. 

Dalam produk makeup, oil ini bisa menjaga konsistensi produk agar gak 'clumpy'. Hal ini penting biar produk masi bisa tetap berfungsi dan gak jadi bad experience bagi para pengguna. 

Dalam produk skincare, seperti yg td aku sebut, bahwa oil ini sebagai moisturizer. Namun beda dengan hyaluronic acid yang kayak kita semua udh tau pasti berhubungan dengan meningkatkan kelembapan, namun kalo Hydrogenated Polyisobutane ini lebih ke menjaga perlindungan kulit biar kelembapan kulit ga pergi (?) biar kelembapan ttp stay di kulit. Selain itu, oil ini bisa membantu membuat tekstur produk menjadi lebih 'thick' makanya banyak skin cream pake ini. 


Side Effects


Sebenernya udah pernah dicoba studi mengenai iritasi penggunaan ingredient ini dengan penggunaan tingkat konsentrasi sebesar 1.44% dan ternyata gak ada iritasi sama sekali. Bahkan sampai ke tingkat 4% pun sebenernya tidak menimbulkan iritasi ke mata maupun kulit. 

Ingredient ini juga bukan photoallergenic atau phototoxic. Arti dari photoallergenic sendiri adalah jenis alergi yang muncul lantaran terpapar sinar matahari, kemudian bereaksi dengan komponen kimia yang menempel di tubuh, seperti tabir surya, parfum, kosmetik, atau salep. 

Tapi, sebenenrya memang kayaknya kita harus lebih memilih natural daripada sintesis/ buatan. Studi yang dilakukan FDA (Foods & Drug Administration) membuktikan bahwa hampir 400 lipstik yang dijual pasaran ternyata memiliki potensi menimbulkan neurotoxin (racun dalam sel saraf). Belum ada penjelasan lanjut mengenai apakah lipstick tersebut contain ingredient ini atau tidak.


Pengalaman (Review)


Pake concealer ini +- 1 tahun dan merasa suka tiap pake karena teksturnya light, gak berat di kulit terutama di undereye dan gak cakey and patchy walau gak di set bedak. Cuma pake sekali slide bisa cover satu sisi under eye, coveragenya medium which is pas buat dipake sehari-sehari biar gak terlalu menor. Gak mudah luntur sih dan kalo udah berjam-jam pake juga gak bakal patchy. Mungkin akan sedikit patchy namun bakal lebih aman jika di set dengan bedak. 

I recommend this product buat yang lagi mau cobain concealer baru! Percaya deh, produk ini sesuai dengan hypenya banget! Pantes aja banyak orang yang suka karena emang bagus!

Number 1 i love about this product udah pasti lightweight.

I pretty satisfied of how this product works! ❤️




Foto bagian pertama dengan kacamata.

Foto atas merupakan foto asli sebelum pemakaian concealer di bawah mata, tanpa flash.

Foto bawah merupakan hasil pemakaian concealer di bawah mata, tanpa flash.


Foto bagian kedua tanpa kacamata.

Foto kiri merupakan mata tanpa concealer dan masih dikelilingi lingkaran hitam sampai diujung mata. Foto dengan flash.

Foto kanan merupakan bukti bagaimana concealer ini cover dark circles sampai ke ujung mata, membuat mata terlihat lebih hidup dan lebih terlihat terbuka matanya.


Sumber:

https://www.healthline.com/health/cyclopentasiloxane#takeaway

https://www.maybelline.co.uk/about-maybelline

https://www.byrdie.com/cyclopentasiloxane-for-skin-4774918

https://incidecoder.com/ingredients/cyclopentasiloxane

https://thechalkboardmag.com/toxic-tuesday-decamethylcyclopentasiloxane

https://thedermreview.com/cyclopentasiloxane/

https://www.google.co.id/amp/s/www.betternutrition.com/.amp/natural-living/natural-cosmetics-toxic-free

https://incidecoder.com/ingredients/hydrogenated-polyisobutene

https://www.truthinaging.com/ingredients/hydrogenated-polyisobutene

https://thedermreview.com/hydrogenated-polyisobutene/

Comments

Popular Posts