CETAPHIL UNTUK SENSITIVE SKIN?

Cetaphil : Skin Restoring Body Wash

Karena udah ada dua post saya yang menyangkut dengan Cetaphil, lebih baik kita bahas dulu tentang brand ini biar bisa tau lebih dalam tentang Cetaphil.

Perkenalan Brand Cetaphil
Cetaphil merupakan brand dari Texas yang ditemukan pada tahun 1947 oleh seorang pharmacist (apoteker). Melihat perkembangan Cetaphil dari tahun-tahun, Cetaphil sudah termasuk brand terkemuka dan terpercaya untuk masalah kulit. 
 
Mengutip data dari today.yougov.com, ditulis bahwa Cetaphil merupakan merk skincare terkenal ke 27 di dunia

Cetaphil sendiri lebih banyak digunakan oleh perempuan dengan usia millenial dibanding kaum laki-laki. Sampai hari ini, Cetaphil sudah tersedia di lebih dari 70 negara dengan berbagai variasi produk pilihan untuk bermacam jenis kulit. 
 
Berdasarkan primeskinsolutions.com dan style-hair-magazine.com, Cetaphil bukan merupakan merk skincare yang cruelty-free karena beberapa produk mereka masih menggunakan animal testing. Berasal dari cetaphil.ca sendiri mengatakan bahwa salah satu produk mereka masih menggunakan bahan yang berasal dari hewan, namun untuk produk lain itu vegan/ tidak menggunakan bahan yang berasal dari hewan

Ternyata Gentle Skin Cleanser dari Cetaphil merupakan produk pertama yang dibuat oleh perusahaan. Namun, pada awalnya menggunakan nama Cetaphil Cleansing Lotion. Dikarenakan formula yang berhasil mengatasi masalah kulit, produk ini membantu perkembangan merk Cetaphil. Hingga saat ini, formula dari cleansing yang digunakan tetap sama seperti saat awal dibuat. 


Pengalaman Menggunakan Cetaphil : Skin Restoring Body Wash

Saat itu pada tahun 2014-2015, saya mengalami masalah kulit pada kaki saya. Di kaki saya ada ruam-ruam kemerahan dan rasanya gatal.. ruam-ruamnya sangat banyak yang membuat saya sedikit merasa malu saat menggunakan celana pendek. Ruam-ruam tersebut meninggalkan bekas saat sudah hilang dan bermunculan terus. Jika dibilang mengganggu hari-hari saya, yap mengganggu. Apalagi ruam seperti ini membuat saya tidak boleh menggaruknya karena cenderung akan memperparah. Jadi saya benar-benar tidak tahan karena sangat mengganggu. Perlu diperhatikan bahwa, saya sudah coba berbagai obat, mulai dari bedak, krim cobra, berbagai krim, obat dari dokter kulit, tapi saya masih mengalami hal yang sama. Jika sembuh pun paling hanya beberapa hari saja. 

Waspadai Gejala Atopic Eczema | HydroClean
(bukan foto saya) Sumber: https://images.app.goo.gl/qKXak6Psikk6a7R5A

Hingga saat itu saya sekeluarga memutuskan untuk pergi ke Malaka, di Malaysia untuk ke rumah sakit di sana sekalian orang tua mau check up badan. Saat di rumah sakit, ternyata kondisi kaki saya didiagnosa terkena Eczema. Penjelasan mengenai eczema akan saya jelaskan nanti. Namun, dokter memberikan saya bukan obat namun sabun mandi. Nah, disitulah saya dikenalkan dengan sabun Skin Restoring Body Wash dari Cetaphil! Jujur, saat ini saya belum kenal Cetaphil dan belum pernah mendengar orang menggunakan merk ini, makanya saya kira ini merupakan merk yang khusus buat mengobati, atau buat kesehatan gitu. Plus waktu itu mahal banget rasanya sekitar diatas 500ribuan kalo di convert ke rupiah, jadi saya punya ekspetasi bagus sama sabun ini karenadari harganya sangat menjanjikan. Saya waktu itu diberi hanya beberapa botol saja untuk saya coba terlebih dahulu katanya. Saat saya pulang ke Indonesia, tentu saya langsung mencoba menggunakannya. 

Hasil dalam Pemakaian Cetaphil

Pas awal menggunakan, saya gak suka awalnya karena teksturnya cair + tidak wangi (bagus sih sebenarnya fragrance free) + tidak berbusa. Buat orang-orang yang udah pake Cetaphil, pasti tau maksudnya gimana. Pokoknya Cetaphil ini beda dengan sabun mandi biasa seperti Lifebuoy, Dove, Dettol, dll. Namun karena saya mau sembuh, jadi saya gunakan terus. Jujur saya karena udah kebiasa menggunakan sabun yang berbusa, saya merasa gak bersih badannya jika pake Cetaphil. Tapi lagi-lagi, saya pakai terus karena saya mau sembuh. Jujur, awalnya saya gak merasa ada perubahan saat awal pemakaian. 
Dan ternyata, sejak pemakaian selama 1 bulan/ sampai 1 botol habis,
Saya merasakan perubahan, bekas ruam saya menghilang, kaki saya tidak begitu gatal, dan yang paling utama adalah ruam-ruam saya pertumbuhannya berkurang. Kepercayaan diri saya untuk menggunakan celana pendek perlahan mulai muncul lagi. Saya merasa lebih senang dan tidak khawatir jika kaki saya terekspos. Walau memang belum sepenuhnya sembuh, namun sudah membaik.
Setelah pemakaian sampai habis, kebetulan saat itu masih sedikit toko yang menjual Cetaphil, dan karena Cetaphil sendiri harganya mahal, saya memutuskan untuk tidak membeli nya dan ganti ke sabun yang lebih gentle saja. Dan untungnya sampai sekarang, kaki saya tidak separah yang dahulu lagi. Malah sekarang, sudah jauh lebih mulus dan saya tidak masalah menggunakan celana pendek lagi. 

Mengapa Menurut Saya Cetaphil : Skin Restoring Body Wash Bagus?

Pengalaman saya karena saya mengalami eczema membuktikan bahwa produk ini merupakan produk yang bagus dan sesuai harga
Eczema atau eksem merupakan gangguan pada kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, dan munculnya ruam merah. Ada beragam hal yang bisa memicu gejala eksim. Kulit saya sendiri baik badan maupun muka merupakan jenis kulit kering yang suka dehidrasi apalagi jika jarang menggunakan pelembab. Penyebab dari eksim sendiri sebenarnya belum diketahui secara pasti dan penyebab di setiap orangnya berbeda. Namun ada beberapa hal yang memperparah gejala eksim seperti : 
1. Cuaca kering atau dingin
2. Debu, polusi (alergi)
3. Sering berkeringat
4. Mandi terlalu lama
Selain itu, saya percaya dengan Cetaphil karena direkomendasikan sendiri oleh dokter kulit
Skin Restoring Body Wash dari Cetaphil sendiri memang dikhususkan untuk kulit tubuh yang kering, mengalami eksim, sensitif, dan rentan gatal karena kekeringan. Body wash ini cocok untuk segala usia mulai dari bayi karena tidak mengandung kandungan yang berbahaya untuk bayi dan sangat gentle. 


Ingredients Dalam Produk 
Cetaphil Restoraderm - Skin Restoring Body Wash - Review Female Daily
Sumber : https://images.app.goo.gl/Pf58zE9roypkqxP26

3 bahan utama yang digunakan dalam Skin Restoring Wash: 
1. Aqua/ air
2. Sodium Trideceth Sulfate, adalah garam natrium dari Tridecyl Alkohol. Berfungsi untuk cleansing dan emulsifying. Bahan ini banyak ditemukan di sabun bayi pada umumnya. 
Berdasarkan naturallycurly.com, Sodium Trideceth Sulfate memang aman digunakan pada kulit dan memiliki tingkat bahaya yang sangat rendah. 
3. Butyrospermum Barkii (Shea) Oil yang berasal dari tanaman shea. Bahan-bahan dari tanaman shea sendiri memang banyak digunakan dalam produk kosmetik dan skincare karena dikenal dengan fungsinya untuk menjaga  kondisi rambut dan kulit. Butyrospermum Barkii Oil ini dapat membantu mengikat kelembapan dalam kulit. Gak bisa ketemu artikel yang bilang kalo bahan ini gak bagus buat kulit. 


Kesimpulan
Jadi menurut saya sendiri, buat orang-orang yang punya kulit yang sangat sensitif dan sangat mudah alergi, pantes banget buat cobain produk ini karena produk ini beneran ngaruh banget. Bisa diliat daari ingredientsnya yang bagus dan gak banyak mengandung alkohol. 3 ingredients pertama yang ditulis berarti itu yang paling banyak dalam kemasan itu. Menurut saya pun bagi kulit yang kekeringan, bisa cobain cleanser ini karena fragrance free dan tentunya membantu menyembuhkan masalah kulit yang ada. 


Comments

Popular Posts