TEKSTUR KULIT BISA HILANG DENGAN HARGA 40.000an AJA?

Hada Labo Gokyujun : Ultimate Moisturizing Lotion



Blog kali ini bahas skincare yang udah aku pake juga dari lama, udah gak tau ini pembelian ke berapa, pokoknya serecommend itu! Aku mau kalian bisa kenal produk ini dan cobain karena produk ini bekerja banget buat akuu! 
Jadi, sebelumnya awal kenal produk ini dari beauty blogger, katanya ini produk yang sangat moisturizing buat dry skin people kayak aku, dan harganya affordable! bisa dicari di drugstore maupun online store! Aku pun langsung penasaran, jadi aku beli deh.. kalo ga salah udah 2-3 tahun yang lalu. 

Perkenalan Brand
Hada Labo (肌ラボ, Hada Rabo, "Skin Lab") adalah brand skincare Jepang dengan lebih dari 100 tahun pengembangan dan penelitian produk oleh Rohto Pharmaceutical Company, Ltd.  

Hada Labo mulai dilaunch sejak 2004 dengan tekad untuk menekankan pendekatan 'simplisistic' skin care dengan tidak menggunakan zat aditif, pewarna, fragrance, dan mineral lainnya. Berarti maksudnya, menciptakan skincare yang simple dan alami tanpa zat-zat yang tidak diperlukan.

Pada tahun 2005, Hada Labo mengganti semua packagingnya dari kaca menjadi botol plastik dan mulai menawarkan variasi produk refill, atau yang bisa diisi ulang. Pada akhir tahun 2019, mereka mengganti packaging dengan menggunakan material dari tumbuhan. Bagus banget ya perkembangannya!!

Oh ya, Hada Labo sendiri juga punya 3 macam jenis untuk produk yang ditawarkan:
1. Gokujyun (保湿) = buat hydrating products
2. Shirojyun (白潤) = buat produk mencerahkan, atau brightening
3. Gokujyun Alpha (保湿α) = buat anti-aging, anti penuaan
Produk yang paling terkenal dari Hada Labo adalah produk hydratingnya. 



Pengalaman Menggunakan Hada Labo : Ultimate Moisturizing Lotion

Selama 2-3 tahun pake produk ini, sama sekali gak nyesel waktu itu cobain produk ini. Kenapa?

1. Produk ini hydrating banget + kerasa banget moisturizing effectnya

Aku pake produk ini setelah mandi, 2x sehari gitu, pagi dan malem, biasa aku pake cuma 2-4 tetes aja, teksturnya sebenernya cair mirip air namun bodynya gak seencer air, body nya kayak essence gitu agak thick. Aku pakenya cuma seluruh muka aku tanpa di leher, nanti aku jelasin kenapa. Setelah pake produk ini, kerasa banget muka aku kalo dipegang itu gak kering, gak kasar. Muka aku kerasa plump banget, apalagi kalo pakenya berlapis-lapis. Dan produk ini pun moisturizing effectnya lama, jadi walau aku udah abis pake selama 4 jam pun, masih kerasa plump dan muka ga kering. Karena cleanser aku Cetaphil, seperti yang aku jelaskan, butuh penggunaan hydrating products lainnya. Produk ini cocok buat aku karena seimbang dengan fungsi Cetaphil nya sendiri. Kebanyakan produk aku sih buat hydrating ya karena aku kulit kering. 

2. Buat ukuran efek seoptimal ini dan 'essence'-like products, harga produk ini cukup murah.

Aku suka banget barang yang murah tapi kadang skincare murah malah gak terlalu efektif fungsinya. Makanya aku seneng banget ketemu produk ini. Harga < Rp50.000
Bukan cukup murah tapi murah banget sih. Produk ini sendiri bisa aku pake jadi toner atau essence sih.. sebenernya ini kan judulnya 'Lotion'. Hada Labo sendiri membuat produk ini sebagai pelembab kulit yang berdekatan dengan toner. Menurut aku sendiri, tekstur dan body nya berada di tengah-tengah antara toner dan essence. Dimana gak terlalu thick dan gak terlalu cair. 
Kalo kalian mau pake ini sebagai essence juga bisa, jadi gak usah beli essence mahal-mahal lagi di luar sana. Hemat duit juga. Fungsinya bakal lebih optimal juga apalagi kalo kamu pake berbarengan dengan toner dan cream hydrating lain. 
Kalo kalian males seperti aku, pake ini doang buat seharian menurut aku udah cukup banget. Karena aku orangnya males pake yang ribet-ribet. Jadi biasa aku pake ini doang sebagai toner/essence dan kalo lagi niat, aku pakein moisturizing cream lagi. 

3. Lama-lama glowing.

Setelah udah pake dalam waktu yang lama, aku sadar kalo muka aku jadi glowing kalo pake ini secara terus menerus. Aku pernah pake ini terus selama sebulan, setiap hari pagi malam pake dan ternyata muka jadi lebih glowing! Kayak yg sebelumnya aku bilang, aku ga pake produk lain lagi selain sunscreen (+kadang pake cream atau oil, tapi kadang doang), jadi aku tau dan sadar kalo glowing.. berarti karena produk ini. Aku juga pernah ga rutin pake ini, karena aku orangnya males, dan muka aku jadi kering dan flaky teksturnya.... 
Makanya sejak tau kalo produk ini bikin glowing, aku rutin pake ini terus! 

4. Lama habisnya WKWK

Mungkin gak penting sih, tergantung gimana pemakaiannya juga. Tapi karena biasa aku pake 2-4 tetes untuk 1 muka dan aku ngerasa itu udah cukup, 100ml ini bisa aku dan cici aku pake buat 1-1,5 bulan tergantung rutin pemakaian atau gak juga. Mayan banget kan, dengan harga kurang dari 50.000, tapi efeknya dapet banget.

Aku enjoy banget pake ini, tapi satu hal yaitu, produk ini kan agak thick jadi pas di apply juga gak langsung nyerap ke wajah, tapi sebenarnya cepet sih ga sampe 5 menit. Tapi aku karena orangnya males dan ga suka lengket gitu, aku gak pake di leher. Tapi ini krena aku males aja ya. Sebenernya proses penyerapannya termasuk cepet, mau berlayer-layer juga cepet menyerapnya. 

Ingredients dalam Hada Labo : Ultimate Moisturizing Lotion


1. Water 
2. Butylene Glycol, atau 1,3-Butanediol merupakan salah satu alkohol yang banyak terdapat pada produk self care seperti shampoo, conditioner, sheet mask, kosmetik, dan lain-lain. Butylene Glycol sendiri bekerja dalam suatu produk agar dapat membuat proses penyerapan produk lebih efektif karena dalam suatu produk terdapat bahan-bahan tertentu yang mungkin sulit atau terlalu berat untuk diserap kulit. Selain itu, BG juga membantu memperbaiki body (thick/thin) dalam suatu cream. Dimana biasanya cream yang terlalu thick itu sulit untuk diserap kulit atau memerlukan waktu lebih lama, dengan cream yang bodynya thin maka akan lebih mudah dan convenient buat digunakan. 
BG ini juga bekerja sebagai 'solvent' dimana dia membantu menjaga konsistensi produk biar tetap menyatu. Jadi tiap ingredients gak ada yang berubah menjadi clumpy atau berpisah dengan ingredients lain. BG juga humectant dimana artinya bisa draw moisture to our skin. 
Sebenarnya, BG itu banyak dipakai di produk skin care maupun self care lain karena selain harganya murah, juga BG bisa diformulasikan untuk berbagai efek kayak sebagai moisturizer, BB creams, sheet masks, sunscreen, bahkan eyeliner juga. 

Lets talk about the side effects, shall we?
Jadi dibalik banyak kegunaan BG, ternyata bahan ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit (contoh: kemerahan di daerah sekitar mata). Bahkan, bisa menimbulkan masalah pada bagian pernafasan apabila tanpa sengaja terhirup dari hair spray atau skin mist sprayers lainnya. Namun menurut para expert, hal ini bukan menjadi hal serius yang harus diperhatikan. Karena jarang ditemukan orang yang alergi pada bahan ini. Tapi, lagi-lagi, lebih baik berbicara kepada dokter kulit kalian atau kalian searching sendiri jika kalian mau menggunakan sebuah produk tertentu, terutama bagi kalian yang punya masalah kulit sensitif. 
 
Karena natural ingredients aja bisa menyebabkan iritasi bagi kulit sensitif, so its best to know your skin problems.

For that, i would say that BG is safe to use for most people. 

3. Glicerin
Perry Romanowski, seorang cosmetic chemist (ahli kimia) menjelaskan bahwa Glycerin merupakan cairan tidak berbau dan tidak berwarna yang berasal dari tumbuhan dan lemak binatang. Menurut Joshua Zeichner, director of cosmetic and clinical research in dermatology at Mount Sinai, New York City, moisturizer mengandung 3 bahan, yaitu kelembaban oklusif (membentuk pelindung pada lapisan kulit agar dapat mengunci kelembapan), yang kedua ada emollient (pelunak) yang mampu mengisi celah dan kerak yang terdapat pada sel-sel kulit, yang terakhir ada humectant. Glicerin bekerja sebagai natural humectant, juga mampu memperbaiki tekstur kulit, serta mengobati luka. 
Sebagai humectant sendiri membuat Glycerin mampu meningkatkan level kelembaban pada kulit, karena menarik kelembapan dari lingkungan pada kulit. 
Fungsi lain :
- Mampu melindungi kulit dari iritasi yang disebabkan faktor luar
- Memperkuat perlindungan pada kelembaban kulit
- Memperlambat proses penuaan
- Penelitian menyatakan bahwa glycerin mampu mengobati eczema dan dermatitis atopik.
Glycerin juga sebagai pengaktif aquaporin di permukaan kulit kita. Aquaporin adalah protein yang menyalurkan aliran zat hidrasi vital (termasuk air dan gliserol) ke lapisan paling atas kulit. Mereka berperan penting dalam menjaga keseimbangan kelembaban kulit, membuatnya menjadi halus dan nyaman bahkan di iklim yang lebih kering.
Glycerin menyebabkan kesensitifan pada matahari dimana setelah menggunakan glycerin, kita harus menggunakan sunscreen atau sunblock. 
Selain itu, penggunaan glycerin berlebih dapat membuat kulit menjadi oily. Jadi harus digunakan sesuai yang dianjurkan ya guys.



So, di atas kita udah bahas 3 ingredients utama dari lotion ini. Sekrang kita akan bahas hal menarik dari ingredients dari lotion,
Ingredients dari lotion ini sendiri : 
Water, Butylene Glycol, Glycerin, Disodium Succinate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxyethylcellulose, Methylparaben, Ppg-10 Methyl Glucose Ether, Sodium Acetylated Hyaluronate, Sodium Hyaluronate, Succinic Acid.

 Hydrolyzed Hyaluronic Acid
 Sodium Acetylated Hyaluronate Sodium Hyaluronate
Karena Hyaluronic Acid sendiri memiliki berat molekul yang besar, membuatnya sulit untuk dapat menyerap ke lapisan kulit. Salah satu cara untuk memperkecil molekul HA adalah dengan 'hydrolizing' atau hydrolisis, berarti memecah atau memisahkan molekul air. Proses ini menghasilkan Hydrolized Hyaluronic Acid yang bisa ditemukan dalam serum atau moisturizing products Merupakan turunan dari Sodium Hyaluronate (ekstrak garam dari HA, molekulnya lebih kecil dibanding HA) yang disintesis langsung dari Hyaluronic Acid alami dengan reaksi asetilasi. Sodium Acetylated Hyaluronate ini non-sticky, dan berfungsi untuk memberi kelembaban, meningkatkan elastisitas kulit dan menciptakan kulit yang smooth Merupakan ekstrak garam dari HA. Molekulnya sendiri lebih kecil dibanding HA dan Hydrolized HA dimana memudahkan proses penyerapan pada kulit.  


Jadi, untuk kesimpulan sebenarnya Hydrolized Hyaluronic Acid ini bekerja pada lapisan luar kulit untuk menjaga kelembapan dan memperbaiki tekstur kulit. Sodium Acetilated Hyaluronate dan Sodium Hyaluronate berfungsi yang sama namun bekerja pada bagian kulit yang lebih dalam dimana akan membantu memperlambat proses penuaan pada kulit (membantu memperlambat kemunculan garis-garis pada kulit).

Lagi-lagi, setiap orang bisa dan mungkin punya alergi terhadap suatu bahan. Suatu studi mengungkapkan bahwa molekul kecil dari Sodium Hyaluronate dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Gejala peradangan yang meliputi kemerahan, gatal-gatal, atau iritasi, jika terjadi pada kalian berarti kalian bisa aja punya alergi pada bahan ini.


Kesimpulan
Untuk aku yang punya kulit kering, menurut saya produk ini merupakan penemuan yang sangat berguna untuk aku, karena terbukti setelah penggunaan rutin setelah hampir 3 tahun menggunakan bahwa produk ini bekerja dengan baik dalam meningkatkan hidrasi kulit saya dan memperbaiki tekstur di wajah (tadinya kulit aku flaky banget dan kayak ngelupas gitu keliatan banget keringnya). Penggunaan secara rutin bisa membuat kulit aku jadi glowing. Percaya, buat kalian yang kulit kering, gak bakal nyesel beli ini karena bener-bener bisa meningkatkan kelembapan. Bahkan ya, jika dipakai di tangan aja, bisa lembab tuh tangan. Nah, buat kalian yang punya kulit sensitif atau mudah berjerawat, mungkin bisa menghindari produk ini? Karea fokus produk ini kan pada melembaban sedangkan kulit berjerawat biasanya sudah cukup memproduksi kelembapan yang dibutuhkan, sehingga produk yang ia gunakan juga yang khusu buat menangani kulit nya sendiri dengan ketentuan dan perbedaannya masing-masing. 
Overall, if you want to try this, you should definetly try this! 

BTW, mereka lagi ada promo loh!
Kalian bisa cek disini yah, jadi murah banget! Kalian bisa pake buat belanja skrg! Ga akan nyesell ya guys hihi



Sumber :
freshinechem.com
paulaschoice.com
skinkraft.com
allure.com
wikipedia.com
thedermreview.com
healthline.com
thezoereport.com
btyaly.com









Comments

Popular Posts